Sabtu, 21 Juli 2018

laporan analisis kerusakan suatu mesin


analisis kerusakan mesin diesel

Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
a. Bahan bakar bocor dari pipa tekanan tinggi
– Keraskan Mur Pengikat pipa tekanan tinggi / ganti dengan pipa tekanan yang baru
b. Nozzle rusak
– Ganti dengan nozzle yang baru
c. Ada udara pada saluran bahan bakar
– Keluarkan udara dari saluran bahan bakar dengan cara memompakan priming pump
d. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat
– Setel pada penginjeksian bahan bakar
e. Control rack tidak berfungsi
– Perbaiki mekanisme control rack
f. Automatic timer tidak tepat
– Setel automatic timer
2. Gangguan Pada Saluran Sistem Bahan Bakar
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
a. Saringan pada pompa pemindah tersumbat
– Bongkar pompa pemindah dan bersihkan saringannya
b. Saringan bahan bakar tersumbat
– Ganti elemen saringan bahan bakar
c. Tangki bahan bakar kotor
– Bersihkan tangki bahan bakar
d. Kemampuan pompa  pemindah yang sangat rendah
– Perbaiki / ganti
e. Injeksi bahan bakar tidak tepat
– Setel saat penginjeksian dengan cara menggeserkan pompa injeksi
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke silinder tidak sama
– Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
g. Governor kurang baik
– Setel pompa injeksi pada test bench
h. Ada angin pada saluran bahan bakar
– Bleeding
i. Bahan bakar bocor pada pipa tekanan tinggi
– Keraskan mur pengikat pipa tekanan tinggi / ganti pipa tekanan tinggi






3. Engine Knocking / Detonasi
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
a. Atomisasi nozzle kurang baik / tekanan penginjeksian tidak tepat
– Overhaul nozzle, bersihkan komponen-komponen dan ganti jika rusak, kemudian stel tekanan nozzle sesuai spesifikasi
b. Bahan bakar tidak tepat (angka cetane rendah)
– Ganti dengan bahan bakar yang sesuai
c. Saat injeksi bahan bakar terlalu cepat
– Setel pemasangan pompa terhadap mesin
d. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak rata
– Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
4. Putaran Mesin Kasar, Khususnya Pada Putaran Idle
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
a. Jam bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama
– Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
b. Control rack tidak berfungsi
– Bongkar control rack dan setel mekanismenya
c. Idling spring capsule setelannya kurang baik
– Setel
d. Diafragma governor tidak berfungsi
– Periksa dan ganti jika rusak
e. Atomisai Nozzle kurang baik / tidak tepat
– Stel nozzle dan ganti jika rusak











5. Mesin Susah dihidupkan
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
a. Bahan bakar tidak sampai ke pompa injeksi / bocor
– Periksa saluran bahan bakar dan perbaiki jika bocor
b. Saluran bahan bakar tersumbat oleh udara
– Bleeding
c. Saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar tersumbat
– Bersihkan / ganti saringan bahan bakar dan saluran bahan bakar
d. Kemampuan pompa pemindah menurun / tidak sesuai spesifikasi
– Perbaiki / ganti pompa pemindah
e. Pipa tekanan tinggi lepas, longgar / pecah
– Kerusakan mur / ganti
f. Control rack tidak mencapai posisi tempat bahan bakar yang diinjeksikan
– Perbaiki control rack dan perbaiki pula mekanismenya
g. Delivery valve rusak
– Ganti
h. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan terlalu sedikit, karena pompa pemindah rusak
– Perbaiki / Ganti pompa pemindah
i. Tekanan penginjeksian bahan bakar terlalu rendah
– Setel / kalibrasi nozzle sesuai spesifikasi
j. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu rendah
– Setel saat penginjeksian
k. Governor / full load capsule setelannya kurang baik
– Setel pompa injeksi pada test bench


6. Mesin Asapnya Banyak, tetapi Mesin Tidak Mau Menyala
Kemungkinan Penyebab Kerusakan / Gangguan
Cara Mengatasi
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlambat
– Setel saat penginjeksian
b. Timer lock nut longgar atau lepas
– Kerusakan mur pengunci timer
c. Atomisasi bahan bakar tidak baik
– Perbaiki dan setel nozzle / ganti
d. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle
– Bersihkan nozzle / ganti jika rusak
e. Angka cetane terlalu rendah
– Ganti jenis bahan bakar
f. Bahan bakar tercampur air
– Ganti bahan bakar



7. Selama Mesin di Starter Mengeluarkan banyak Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakan
Cara Mengatasi
a. Timer injektor timing terlalu cepat / lambat
– Bongkar automatic timer dan setel
b. Pemasangan pompa injeksi terhadap saat penginjeksian tidak tepat
– Periksa pemasangan pompa injeksi dan tempatkan saat penginjeksian (sesuai spesifikasi)
c. Atomisasi bahan bakar kurang baik
– Perbaiki dan ganti nozzle
d. Nozzle rusak
– Ganti Nozzle
e. Kotoran (karbon) berkumpul pada nozzle needle
– Bersihkan dan ganti jika rusak
f. Sekrup control pinion clamp lepas / longgar
– Setel posisi control pinion dan keraskan sekrupnya
g. Delivery value rusak
– Ganti
h. Delivery value spring putus
– Ganti pegas
i. Setelan full load capsule tidak baik
– Setel full load capsule
j. Pneumatic governor link / stopper aus
– Perbaiki / ganti mekanisme governor pneumatic
8. Selama Mesin Hidup Banyak Mengeluarkan Asap
Kemungkinan Penyebab kerusakan
Cara Mengatasi
a. Saat penginjeksian bahan bakar terlalu cepat
– Tepatkan saat penginjeksian sesuai spesifikasi
b. Bahan bakar bercampur air
– Ganti bahan bakar
c. Cincin torak dan dinding silinder bocor sehingga minyak pelumas naik ke ruang bahan bakar
– Ganti cincin torak dan perbaiki dinding silindernya
d. Oli silinder katup bocor, sehingga minyak pelumas masuk ke ruang bakar
– Ganti
e. Bahan bakar yang diinjeksikan terlalu banyak
– Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
f. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder tidak sama
– Kalibrasi pompa injeksi pada test bench
g. Udara yang masuk kedalam silinder terlalu sedikit karena saringan udaranya tersumbat
– Bersihkan saringan / ganti
h. Oli mesin terpompa ke atas
– Periksa permukaan oli dan sesuaikan jumlahnya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar